MATA KULIAH LITERASI DIGITAL
1.RINGKASAN MATA KULIAH
Deskripsi Singkat Mata Kuliah |
Matakuliah ini disajikan sebagai matakuliah wajib bagi mahasiswa tahun
pertama di Universitas Riau agar dapat menggunakan informasi secara
digital dengan tepat dan aman sesuai kaidah nilai, norma dan etika
akademik. Matakuliah ini disajikan secara daring dengan penilaian
diberikan dosen jika kehadiran perkuliahan mahasiswa minimal 80%.
Mahasiswa dianggap berhasil jika telah mendapatkan nilai sekurang kurangnya B. Penilaian terdiri dari 40% tugas, 30% UTS dan 30% UAS. |
Bahan Kajian/Materi Pembelajaran |
1. Pengertian dan karakteristik literasi digital 2. Edukasi penggunaan teknologi secara aman sesuai aturan perundangan
ITE 3. Masalah umum dalam penggunaan Komputer 4. Google Classroom, Google Meet & Zoom 5. Searching engine Google dan Searching Academic Information
(google scholar, Researchgate) 6. Penggunaan PPT untuk Presentasi 7. Pembuatan Blog dan Website 8. UTS 9. Etika dalam Komunikasi online dan Cek Kemiripan Teks (Similariry
check) 10. Google App (Drive, Doc, Slide, Google form, Sheet) 11. Mendeley 12. Kolaborasi Online 13. Membuat konten video 14. Editing Video 15. Publish Video |
1. Digital Literacy – What is digital literacy?
2.What is digital literacy?
3.Digital Literacy – Staying safe online?
4.Penjelasan Lengkap Mengenai UU ITE - NET 24
5.Kalian Harus Tau! 10 Masalah Umum Komputer dan Cara Mengatasinya
6.Cara Membuat Hardisk Kembali Berlari Kencang (Desktop & Laptop) || 7 PERAWATAN WAJIB KOMPUTER 2021
7.Digital Literacy – The virtual classroom
8.How to use Google Meet
9.Tutorial penggunaan Portal Akademik untuk Mahasiswa Baru Universitas Riau
10.Digital Literacy – Searching for information online
11.Google Scholar - Cara Mencari Referensi dan Sitasi Artikel, Buku, dan Jurnal by Aridhotul Haqiyah
12.Tutorial : Cara Mudah Menghubungkan Researchgate dengan Google Scholar
13.Digital Literacy – Online collaboration
14.What is Mendeley?
15.How to use Mendeley Desktop, Web Importer & MS Word Plugin (Full Tutorial)
16.How to Design Effective Scientific Presentation || Dr. Dhika Prita Hapsari, SP, M.Si (2021)
17. Plagiarism: Lesson One
18.Digital literacy – Presentations
19.Digital Literacy – Troubleshooting
20.How to Make YouTube Videos on Your Phone START to FINISH!
21.Google Forms Full Tutorial From Start To Finish - How To Use Google Forms
22.Digital Literacy – Post-study
23.1/2. Langkah mudah Pengecekan Plagiat Karya Ilmiah dengan Turnitin (Instructor)
24.2/2. Langkah Mudah Pengecekan Plagiat Karya Ilmiah dengan Turnitin (Akun Student)
25.Ragam Penyimpangan Karya Ilmiah di Indonesia oleh Dr. Lukman (Agustus 2020) || Dosen Wajib Tahu!
26.18/22. How to make an impactful online questionnaire for a research.
27. Kiat-Kiat Menjadi seorang Youtuber Cerdas
28. Create Custom Youtube URL refer to your name [Youtuber has to know!!!] New 2020
29.Create Youtube video chapter [Youtuber must know!!!] Latest July 2020
30.Kiat-Kiat Menjadi seorang Youtuber Cerdas
31.Belajar Bikin Video dari Nol
32.1/2. Video Editing dengan Kinemaster untuk tingkat pemula
33.2/2. Video Editing dengan Kinemaster untuk tingkat pemula
34.Digital Literacy – Online collaboration
35. 1/2. Intermediate G-Suites Workshop for Riau University Lecturer 2020 | Session 1
36.2/2. Workshop G-Suites Intermediate Dosen-Dosen Universitas Riau 2020 || Sesi 2
37.Cara Membuat Slide Isi Presentasi PowerPoint yang Cantik Menawan
38.Kolaborasi File Tugas dengan Guru / Dosen
Minggu Ke- |
Sub CP-MK |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Metode Pembelajaran [Estimasi Waktu] |
Pengalaman Belajar |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Bobot Penilaian (%) |
Referensi |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
1 |
Memahami Pengeritian
Literasi Digital |
Ketepatan
mendefinisikan pengertian
Digital Literasi Ketepatan
menjelaskan manfaat dan cara menggunakan literasi digital secara aman |
Pengertian
dan karakteristik Literasi Digital |
Menelaah video.
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Diskusi |
- |
Video 1 Video 2 |
2 |
Memahami
penggunaan Literasi
digital secara Aman |
Ketepatan
menjelaskan cara menggunakan teknologi secara aman sesuai aturan perundangan
ITE |
Edukasi
penggunaan teknologi secara aman sesuai aturan perundangan ITE |
Menelaah video
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Tugas Mandiri 1 |
5 |
Video 3 Video 4 |
3 |
Memahami cara
mengatasi permasalahan dalam menggunakan komputer |
Dapat
menjelaskan cara mengatasi 5 permasalahan sederhana pada komputer. |
Masalah umum
dalam penggunaan
Komputer |
Menelaah video
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Tugas Mandiri 2 |
5 |
Video 5 Video 6 |
4 |
Menggunakan Virtual
Classroom dan Portal Akademik UNRI |
Ketepatan
menggunakan media pembelajaran virtual classroom dan Portal Akademik UNRI |
Google
Classroom, Google Meet & Zoom |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Tugas Mandiri 3 |
5 |
Video 7 Video 8 Video 9 |
5 |
Mencari
Informasi Secara Online |
Ketepatan
mencari informasi yang dibutuhkan secara online |
Searching
Engine Google dan Searching
Academic Information (google scholar, Researchgate) |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Tugas Mandiri 4 |
5 |
Video 10 Video 11 Video 12 |
6 |
Membuat Slide
PPT untuk presentasi |
Dapat membuat
slide presentasi |
Penggunaan
Slide PPT untuk presentasi |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Tugas Mandiri 5 |
5 |
Video 16 Video 37 |
Minggu Ke- |
Sub CP-MK |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Metode Pembelajaran [Estimasi Waktu] |
Pengalaman Belajar |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Bobot Penilaian (%) |
Referensi |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
7 |
Membuat Blog
dan Website |
Dapat membuat
Blog dan Website Sederhana |
Struktur
Penyajian Blog dan Website menggunakan
Blogspot |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Menonton video
dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan yang diberikan |
Tugas Mandiri 4 |
|
Video 18 |
8 |
UTS |
Dapat
menggunakan teknologi untuk merancang dan menyusun slide presentasi dengan
baik menggunakan power point |
Materi 1 sd 7 |
Pemberian tugas
(1x 50 menit) |
|
UTS |
30 |
|
9 |
Melakukan Komunikasi Online dan memahami
bahaya plagiasi dalam karya tulis ilmiah |
Dapat
berkomunikasi secara online untuk kebutuhan sosial ataupun akademik dengan
santun dan beretika |
Etika dalam
Komunikasi online dan
Cek Kemiripan Teks (Similariry
check) |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Diskusi |
- |
Video 17 Video 21 Video 22 |
10 |
Menggunakan
Aplikasi Google dalam menyimpan data pembelajaran |
Dapat menyimpan
data di dalam google drive dan menampilkan data dalam google document dan
google Slide |
Google App (Classroom,
Drive, Doc, Slide, ) |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Diskusi |
- |
Video 35 Video 36 |
11 |
Menggunakan Aplikasi
Medeley dalam karya Ilmiah |
Dapat membuat
link Daftar Pustaka melalui Mendeley. |
Mendeley
Application |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Tugas Mandiri 4 |
5 |
Video 21 Video 26 |
12 |
Melakukan
kerjasama tim secara online |
Dapat melakukan
kerjsama tim secara online dalam membuat dan mengedit file pembelajaran |
Kolaborasi
Online |
Praktek melakukan presentasi |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Tugas Kelompok |
5 |
Video
34 Video
38 |
13 |
Merancang dan
membuat video/youtube |
Dapat membuat
video sesuai tema yang telah ditentukan |
Membuat konten
video |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Diskusi |
|
Video
20 Video
31 |
Minggu Ke- |
Sub CP-MK |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Metode Pembelajaran [Estimasi Waktu] |
Pengalaman Belajar |
Kriteria & Bentuk Penilaian |
Bobot Penilaian (%) |
Referensi |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
14 |
Mengedit video
singkat |
Dapat mengedit
video sesuai tema yang telah ditentukan |
Editing |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Tugas Mandiri 5 |
5 |
Video
32 Video
33 |
15 |
Mengunggah
video ke website atau Youtube |
Dapat
mengunggah video yang telah diedit ke media internet |
Publish Video |
Menelaah Video
(1x 50 menit) |
Mengamati, Menonton video dan menelaah serta menyimpulkan penjelasan
yang diberikan |
Diskusi |
|
Video 27 Video 28 Video 29 Video 30 |
16 |
UAS |
Menggumpulkan
tugas Ahir |
Materi 9-15 |
|
|
|
30 |
|